LATAR BELAKANG

Al-Quran dan Hadis Rasulullah sebagai sumber utama syariat Islam, selama ini banyak dipahami sulit untuk mempelajari dan memahaminya. Padahal Allah SWT berjanji memudahkan setiap muslim yang memiliki kemauan untuk mempelajarinya., harus dipahami melalui media Bahasa Arab, sehingga menjadi komprehensif dan integral.

Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, namun masih sangat sedikit yang mampu memahami Al-Quran dengan bahasa aslinya, bahkan masih banyak yang buta huruf Al-Quran. Tercatat tahun 2018 berdasarkan hasil riset Insitut Ilmu Quran (IIQ) jumlah buta huruf Al-Quran di Indonesia mencapai 65%.

Pusat Studi Maharah memliki visi dan misi menuntaskan problematika ini dengan program-program kami. Ditambah kami pun ingin intens menanamkan cinta Quran dan Bahasa Arab dengan menggunakan metode yang mudah, praktis, sistematis, komprehensif dan terukur.

SEJARAH SINGKAT

Pusat studi Maharah berawal dari hasil musyawarah pada tanggal 7 Oktober 2018 yang dinisiasi Ikhwan Nugraha dan Ardi Budiman, keduanya alumni Universitas Al-Azhar Mesir.  Lembaga ini bergerak dalam pendidikan Al-Quran, Bahasa Arab dan ilmu keIslaman lainnya dengan manhaj wasathiy (moderat).

Atas dukungan berbagai pihak, lembaga ini dilegalisasi dengna nama Yayasan Pusat Studi Maharah yang dibentuk dengan akta notaris nomor AHU -0021288.AH.01.12 Tahun 2018 tanggal 21 November 2018 notaris Ine Mulyati., S.H., M.Kn. Lembaga ini juga telah mendapatkan perizinan dari Dinas Pendidikan dengan nomor 421.9/755.2/PAUD DAN DIKMAS tanggal 3-5-2019

Kami sangat peduli dalam bidang pendidikan Al-Quran, Bahasa Arab dan KeIslaman sebagai sebuah bekal ibadah seorang muslim agar sesuai dengan tuntunan syariat. Kami focus berdakwah menyadarkan dan membudayakan Al-Quran dan Bahasa Arab agar menjadi bekal dasar seorang muslim serta memahamkan keIslaman secara benar dan mudah

VISI & MISI

Visi : Menjadi lembaga pendidikan dan sosial yang berkualitas dan berkarakter Islami

Misi:
– Menyelenggarakan program pendidikan dan sosial berbasisi Al-Quran dan sains
– Menyelenggarakan program pendidikan dan sosial yang moderat dan berkemajuan

TUJUAN
1. Memberantas buta huruf Al-Quran di kalangan masyarakat untuk semua kalangan
2. Memberikan edukasi Ke-Islaman yang tepat dan baik serta bermanfaat untuk masyarakat dengan prinsip wasathiyyah
3. Memberikan pemahamam Al-Quran yang benar sebagai pedoman kehidupan
4. Menanamkan sikap untuk mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan  keseharian
5. Merangkul setiap komponen masyarakat untuk senantiasa memajukan Islam